Top
Kata Dokter

SuperUser Account
/ Categories: Kata Dokter

SIAPA DAN DIMANA RESIKO TERTULAR FLU PALING TINGGI

Dengan datangnya musim hujan,  saatnya untuk berhati-hati karena virus flu dan selesma bisa  bersembunyi dan muncul di mana saja.

  

Dengan datangnya musim hujan,  saatnya untuk berhati-hati karena virus flu dan selesma bisa  bersembunyi dan muncul di mana saja. Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri adalah dengan menjaga kebersihan tangan serta  menghindari orang-orang yang batuk dan bersin. Para ahli percaya bahwa virus influenza terutama menyebar dari orang ke orang melalui droplet dari saluran  pernapasan yang dikeluarkan ketika seseorang yang sakit batuk, bersin atau bahkan berbicara sekalipun.

Seberapa dekat seseorang yang sehat bisa tertular  flu dari seseorang yang sedang menderita flu? Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan orang-orang dengan flu dapat menyebar ke orang lain hingga sekitar 6 kaki atau sekitar kurang dari 2 meter, jadi cobalah untuk menghindari kontak dekat dengan seseorang yang sedang sakit flu. Bentuk transmisi yang kurang umum dapat terjadi ketika seseorang menyentuh permukaan atau objek yang  sudah terkontaminasi atau tercemar oleh seseorang yang sedang sakit. Mencuci tangan menggunakan sabun dan air atau alkohol  dapat membantu mencegah penyebaran flu.

Tempat ramai di mana orang-orang dekat satu sama lain  untuk waktu yang lama, seperti pusat perbelanjaan, pesawat terbang, rumah ibadah dan ruang pertunjukan, transportasi umum , adalah tempat beresiko untuk tertular  flu. Meskipun  tidak mungkin untuk menghindari paparan terhadap virus tetapi penting untuk mengetahui beberapa tempat yang mungkin menimbulkan risiko lebih tinggi untuk terkena flu sehingga dapat meminimalisasi kunjungan ke tempat tersebut.

Di tempat  penitipan anak dan sekolah, anak-anak sering berdekatan selama waktu kelas dan di klub dan olahraga setelah sekolah, para siswa sangat berdekatan untuk waktu yang lama di ruang tertutup, kondisi ini sangat ideal untuk transmisi virus dari satu anak  ke anak yang  lain. Selain itu anak-anak kurang mahir dalam mengendalikan sekresi tubuh mereka daripada orang yang lebih tua. Populasi beresiko yang lain adalah mahasiswa yang tinggal di asrama dan anak-anak di kampus di perguruan tinggi juga berisiko besar karena kedekatan satu sama lain.

Sama seperti siswa di asrama, panti jompo memiliki kelompok besar orang yang saling berhubungan satu sama lain saat mereka tinggal bersama di komunitas perumahan. Populasi di  panti jompo biasanya memiliki kelompok besar orang yang memiliki kondisi medis kronis yang menempatkan mereka pada risiko yang lebih tinggi, sehingga meningkatkan resiko  penyebaran flu dari orang ke orang. Demikian beberapa komunitas dan tempat beresiko untuk tertular flu dan selesma, jadi selama musim hujan ini sebaiknya hindari mengunjungi empat-tempat tersebut.

Previous Article SIAPA DAN DIMANA RESIKO TERTULAR FLU PALING TINGGI
Print
89 Rate this article:
No rating

Please login or register to post comments.

x